ART, NEWS

Ternyata Supir Angkot Ini Istri Seorang Pejabat. Siapa Dia?

loading...

Wanita berjilbab yang menjadi supir angkot tersebut adalah Fatmawati Rusdi, seorang Legislator DPR sekaligus Istri Bupati Sidrap Rusdi Masse. Ia berada di belakang kemudi ‘petepete’, sebutan angkutan kota setempat, dalam rangka reuni akbar SMP 1 Rappang, Sulawesi Selatan pada Rabu kemarin.

Seperti diwartakan jpnn.com, Fatmawati yang merupakan politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menaiki angkot beserta teman-temannya yang satu almamater. Ia berkeliling Kota Rappang.

Ia merupakan alumni SMP Negeri Rappang angkatan 1995. Dulu, dirinya naik ‘petepete’ tersebut untuk pergi dan pulang sekolah.

“Saya senang bisa mengenang masa-masa sekolah, salah satunya petepete ini,” kata Fatmawati.

Mobil tersebut diketahui dimiliki oleh H Alimuddin, warga Lotang Salo, Kecamatan Pancarijang. Menurutnya, mobil jenis itu merupakan andalan bagi para pelajar untuk pergi atau pulang dari sekolah.

Mobil tersebut sebenarnya berjenis pick up bak terbuka, namun telah dimodifikasi bagian belakangnya, sehingga bisa berfungsi sebagai angkutan orang.

Sejarah ‘Petepete’

Di Sulawesi, terutama Sulawesi Selatan angkutan kota memang disebut sebagai petepete.

Dulu, angkutan kota yang pintu penumpangnya di belakang disebut pete-pete. Hingga akhirnya pada pertengahan tahun 90an masuk angkutan kota dengan bentul lain. pintu penumpangnya bukan lagi di belakang tapi di samping. Orang-orang menyebutnya ‘Mikrolet kotak’ karena bentuknya seperti kotak, sementara angkot berpintu belakang masih tetap disebut ‘petepete’, namun jumlahnya sudah mulai berkurang.

Seiring berjalannya waktu, angkutan yang berpintu belakang mulai berkurang jumlahnya. Sudah banyak yang pensiun, tinggal ‘Mikrolet Kotak’ saja yang ada. Akan tetapi sebutan ‘petepete’ sudah melekat di masyarakat, maka biarpun sudah bukan angkutan berpintu belakang, tetap saja disebut ‘petepete’.

loading...
Loading...