NEWS

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Rambut, dan Kesehatan

loading...

Telah dikenal luas manfaat jeruk nipis ini, juga telah banyak digunakan diseluruh dunia untuk membuat selai, permen, minuman, dan bahan tambahan untuk masakan. Selain untuk berbagai keperluan konsumsi tersebut, jeruk nipis juga diekstrak kulitnya untuk diambil minyaknya yang kemudian digunakan sebagai bahan produk untuk merawat rambut, pasta gigi, sabun kecantikan, bahan pengharusm, deodoran, dan obat kumur.

31g air jeruk nipis mengandung sekitar 8 kalori dan serat, rendah lemak. Hanya mengandung sedkit natrium, namun jeruk nipis banyak menyediakan vitamin C, vitamin A, Vitamin E, Vitamin K, dan mineral termasuk kalsium, folat, magnesium, kalium, Kolin, Fosfor, dan Betaine. Manfaat yang menguntungkan dari jeruk nipis ini berasal dari air serta kulitnya. Air jeruk nipis memiliki efek yang bermanfaat bagi kulit dan wajah Anda. Hal ini kaya akan antioksidan kuat seperti Vitamin C  dan  flavonoid.

Manfaat Jeruk nipis

untuk Kulit Menyingkirkan noda hitam kulit &wajah

Jeruk nipis adalah agen pemutih alami, sehingga dapat digunakan untuk meringankan bintik-bintik hitam pada wajah. Caranya mudah, basahi bola kapas dengan perasan air jeruk nipis kemudian tempelkan pada kulit yang bernoda hitam dan biarkan selama 30 menit. Selama sedang melakukan terapi ini hindari sinar matahari. Cara ini juga dapat digunakan untuk meringankan kulit ketiak hitam.

Mengobati jerawat

Jerawat dan noda jerawat disebabkan ketika kotoran, minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori Anda. Jerawat adalah kondisi yang banyak dialami oleh orang dengan kulit berminyak . Bakteri yang berdiam di pori-pori wajah menyebabkan peradangan, menyebabkan kemerahan serta rasa nyeri. Sifat antibiotik yang dimiliki air jeruk nipis bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Untuk mengobati jerawat Anda, campurkan air jeruk nipis dan madu lalu dioleskan pada kulit yang berjerawat. Madu juga memiliki sifat antibakteri, sehingga mampu mencegah pertumbuhan bakteri, sementara sifat asam dari jeruk nipis akan mengontrol minyak berlebih. Gunakan cara pengobatan dengan jeruk nipis dan madu ini setiap minggu secara rutin. Bekas luka akibat jerawat bahkan bisa diringankan hanya dengan cara memijatkan air jeruk nipis  pada daerah kulit yang terkena.

Anti penuaan dini

Flek hitam wajah disebabkan oleh menumpuknya kerusakan kulit oleh UV dan produksi melanin seiring bertambahnya umur. Jeruk nipis menghambat produksi melanin ini. Gosok kulit Anda dengan jeruk nipis yang dibelah, atau mengenakan masker wajah yang mengandung jeruk nipis secara signifikan dapat membantu mengurangi bintik hitam.

Mengatasi tan kulit

Paparan sinar matahari berlebihan bbisa menyebabkan tan pada kulit Anda. Jeruk nipis dapat digunakan untuk menghilangkan tan ini secara efektif . Buat masker wajah dengan cara mencampur beberapa gram tepung besan dan dadih, yang ditambahkan beberapa air jeruk nipis. Oleskan masker secara merata pada kulit wajah dan biarkan sampai mengering lalu cuci dengan air dan keringkan. Gunakan seminggu sekali secara rutin.

Mengencangkan wajah dan mengecilkan  pori

Astringent dikenal efektif dapat mengetatkan otot sementara. Itulah kenapa hal ini sering digunakan dalam banyak produk perawatan kulit wajah dan kecantikan. Minyak kulit jeruk nipis memiliki sifat astringent alami dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak sehingga kulit lebih cerah.

Membersihkan Kulit Mati

Zat  asam sitrat dalam kulit jeruk nipis bisa mengelupaskan sel-sel kulit mati. Itulah kenapa kulit jeruk nipis sering digunakan untuk perawatan kecantikan di spa-spa serta  meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah .

Mencerahkan kulit

Minum segelas air hangat plus madu dan air jeruk nipis segar secara teratur dipagi hari akan memberikan cahaya pada kulit Anda .

Meremajakan kulit

Jeruk nipis membantu meremajakan kulit serta mencegah infeksi, karena memiliki zat  antioksidan, desinfektan, dan sifat antibiotik. Banyaknya vitamin C dan flavonoid dalam jeruk nipis akan membantu mengurangi bau badan dan keringat. Campurkan beberapa perasan air jeruk nipis kedalam bak  mandi Anda, atau oleskan langsung pada kulit untuk menggunakannya.

loading...
Loading...