HEALTHY, TIPS

Wow, Cokelat bisa jadi Obat Batuk Lho!

loading...

Ketika musim pancaroba datang, salah satu penyakit yang menyebar luas adalah batuk. Biasanya Orang  mengandalkan madu dan lemon sebagai obat batuk. Namun, Kini cobalah menggunakan Cokelat untuk mengatasi masalah batuk ini.

Profesor Alyn Morice, Kepala Studi Kardiovaskular dan Pernapasan dari University of Hull mengatakan, minuman coklat panas dapat membantu meredakan batuk. Chocolate mengandung kakao yang dapat menenangkan tenggorokan yang gatal.

Para ahli melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa cokelat dapat dijadikan pilihan bagi mereka yang menderita batuk persisten. Sejenis senyawa dalam cokelat yang disebut theobromine efektif dalam mengurangi gejala batuk baik yang sifatnya akut maupun kronis.

National Heart and Lung Institute Inggris juga menghasilkan penelitian yang menunjukkan bahwa theobromine bahkan lebih efektif daripada codeine, obat yang banyak digunakan dalam menangkal aksi dari saraf sensorik yang memicu refleks batuk.

British Thoracic Society’s di London juga ikut melakukan riset mengenai hal ini, para peneliti memantau sekitar 300 orang yang mengalami batuk kronis pada 13 rumah sakit di Inggris. Kemudian mereka memberikan dosis theobromine kepada pasien tersebut dua kali sehari selama dua minggu. Studi menemukan bahwa 60 persen dari pasien dalam penelitian ini mengalami rasa lega setelah mengonsumsi theobromine.

Kepala Hull Cough Clinic,Alyn Morice  mengatakan,”Ini adalah obat yang sangat efektif. Namun dengan mengonsumi cokelat dalam waktu lama dapat memberikan efek lain yang tidak diinginkan seperti kenaikan berat badan, dan sebagainya.”

Jadi Sobat YourStory, Kalau Kalaian Batuk. Cokelat bisa menjadi alternatif yang bisa membantu mengatasi maslah batuk mu. Namun, Jangan kosumsi berlebihan kalau nggak mau berat badan kamu naik. Cheers!

 

loading...
Loading...