HEALTHY, NEWS, TIPS

Diet Nggak boleh makan berlemak? Boleh kok, namanya Diet Atkins.

loading...

Diet Biasanya menyarankan kita untuk menghindari makan makanan berlemak. Kata siapa? Ada diet baru lho yang meperbolehkan kamu untuk mengkonsumsi lemak.  Diet apa itu?, Namanya Diet Atkins,

Apa Itu Diet Atkins?

Diet atkins dipopulerkan oleh Dr Atins sekitar tahun 70an dimana terjadi pro dan kontra terhadap cara diet ini. Diet atkins menekankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berkarbohidratmulai dari nasi, roti, kentang bahkan sampai mie. Beras merah yang tergolong memiliki kandungan gizi yang baik juga dilarang untuk dikonsumsi. Selain itu, kita juga dilarang untuk mengkonsumsi gorengan, susu, biscuit, kue dan makanan dengan kandungan karbohidrat serta gula yang tinggi.

Banyak orang yang mencoba untuk mendapatkan badan yang langsing serta ideal. Hal ini tidak luput dari tuntutan sosial yang ada di lingkungan masing – masing. Berbagai cara diet dilakukan, bahkan diet yang tergolong ekstreme seperti diet atkins ini.

Bagiamana Caranya?

Pada diet Atkins mengatakan bahwa dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung protein dan tidak makan karbohidrat sama sekali Selama 2 minggu pertama, tubuh akan membangun ketosis, keadaan dimana tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar. Ini Hampir sama dengan diet Ketogenik.

Setelah itu,  jika telah melalui 2 minggu, Anda boleh mengkonsumsi karbohidrat, walau hanya dalam porsi yang amat sangat sedikit. Cara ini akan membuat tubuh mempertahankan kadar insulin tetap rendah dan menghentikan tubuh mengubah makanan menjadi lemak. Teorinya adalah bahwa makan terlalu banyak karbohidrat akan meninggikan kadar gula darah. Pada gilirannya hal ini akan menghasilkan insulin, yang dengan cepat menuju aliran darah dan mengubah kelebihan gula darah menjadi lemak yang disebut triglycerides, yang nantinya tersimpan sebagai lemak tubuh. setelah itu, ada dua tahap lagi yang harus dijalankan dalam diet ini yaitu, premaintenance dan maintenance. Pada tahap ini Anda hanya tinggal mempertahankan diet Anda, sekaligus mulai melihat hasilnya.

Efektivitas?

Saat kita mengurangi makanan karbohidrat, maka cadangan lemak dalam tubuh akan mudah terbakar, sehingga berat badan otomatis akan turun. Semakin banyak lemak yang terbakar, maka berat badan juga akan semakin cepat turun. Inilah salah satu kelebihan dari diet atkins, berat badan dapat turun secara cepat.  Selain itu, kadar gula dalam darah juga akan mudah turun, karena kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula serta karbohidrat.

Efek Samping?

Karena diet Atkins ini merupkan diet Ekstrim  maka tentu ada efek yang bisa saja terjadi kepada tubuh.Ketakutan utama adalah makanan yang tinggi protein seringkali tinggi kadar lemak jenuhnya. Makan berprotein tinggi juga dapat menurunkan kadar kalsium yang dapat mencetuskan terjadinya osteoporosis. Begitu juga dengan orang yang memiliki masalah kesehatan seperti penderita liver dan ginjal, bisa mendapatkan stres yang tidak semestinya akibat tubuh mencoba untuk menghilangkan ketone. Ahli-ahli lainnya mengamati bahwa diet ini bisa menimbulkan masalah konstipasi, usus besar, ginjal atau naiknya kadar kolesterol. Anda juga akan mengalami bau mulut karena naiknya ketone.

Nah, Seteleh membaca ini anda mempunyai satu pilihan baru untuk diet kamu. Cukup efektif ko, namun ada baiknya jika kamu konsultasi ke dokter dulu.

 

loading...
Loading...