HEALTHY, TIPS

Jika Tidak ingin Kerusakan pada Telinga, Stop Gunakan Cotton Buds !

loading...

Dilansir Dari The independent. Seorang anak bernama ROBERTO A FERDMAN meceritakan kejadian yang menimpa ibunya yang terlau sering menggunakan Cotton bud secara rutin untuk membersihkan telinganya.

Bertahun-tahun yang lalu, Seorang ibu Robbert mengeluh tentang sakit telinga yang mengerikan. Rasa sakit itu tak tertahankan, dan itu tidak akan hilang. Selama seminggu, dia berjalan berkeliling dengan nada melengking di kepalanya. Akhirnya, dia teringat beberapa hari yang lalu, ketidaknyamanan membawanya ke dokter, yang dengan hati-hati mendorong sebuah otoskop ke telinganya. Dalam hitungan detik, dia menariknya keluar dan menatap wajahnya.

 

“Apakah Anda telah memasukkan tip Q di telinga Anda?” Tanya dokter dengan nada tidak setuju.

 

Q-tips adalah nama dari merek Cotton Bud . Dan seperti banyak lainnya, Ibu Tersebut  telah menggunakan Cotton Bud untuk membersihkan telinganya. Dia mengalami Infeksi Pendengaran yang menyebabkan telinganya terus berdengung.  bahkan jika akibat yang lebih fatal terjadi, dia bisa tidak medengar lagi kerena Infeksti parah dan merusak gendang telinga. Dengan terlalu sering menggunakan Cotton buds untuk membersihkan telinga, dia juga main-main dengan proses alami.

 

“Berjanjilah padaku,” kata dokter itu padanya. “Berjanjilah kepada Anda bahwa Anda tidak akan pernah memasukkan ujung Cotton buds lain dari telinga Anda.”

 

Cotton Buds telah lama dipasarkan sebagai bahan pokok rumah tangga, disiapkan untuk berbagai jenis perawatan kecantikan, seni dan kerajinan tangan, pembersihan rumah, dan perawatan bayi. Dan, selama bertahun-tahun, mereka telah melakukan kehati-hatian secara eksplisit – bebrapa Kota Cotton Buds dilengkapi dengan peringatan ini: “Jangan memasukkan di dalam saluran telinga.” Tapi kebanyakan orang mengabaikan peringatan tersebut.

Orang bilang mereka hanya menggunakannya untuk make make up, tapi kita tahu masih banyak yang menggunakan untuk mebersihkan telinga. Semntara, sebenarnya Cotton buds  tidak pernah dijual untuk digunakan di dalam telinga, dibutuhkan sekitar setengah abad bagi produsen untuk secara eksplisit memperingatkan agar tidak melakukannya.

Tahukah Anda apa yang terjadi ketika kita mencoba untuk membersihkan telinga dengan cotton buds?

Ya, itu bisa membahayakan gendang telinga karena menyebabkannya pecah. Dalam beberapa kasus, bisa menyebabkan gangguan pendengaran juga.Dan pula, kotoran yang ada di daerah luar terdorong ke arah dalam telinga dan justru semakin memburuk bagi telinga.

Telinga kita mempunyai cara sendiri untuk menghilangkan kotoran telinganya. Gerakan otot wajah yang rutin membantu telinga untuk membuat kotoran telinga keluar.Ketika kita menguap atau berbicara atau menggerakkan otot-otot wajah untuk tujuan lain, itu akan menggerakkan kotoran telinga.Nah, kotoran telinga yang sudah hampir keluar itulah bisa kita ambil dengan jari ketika mandi.

Jika kita terus membersihkan telinga dengan obsesif secara teratur, justru akan membahayakan.Ini bisa menyakiti bagian sensitif di dalam telinga dan juga menyebabkan infeksi.

loading...
Loading...