NEWS

Mengundurkan Diri, Segini Uang Pensiun yang Diterima Ahok

loading...

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah melayangkan surat pengunduran dirinya sebagai Gubernur DKI Jakarta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, setelah resmi melepas jabatannya nanti berapa sebenarnya uang pensiun yang akan diterima Ahok?

“Kalau mengundurkan diri, SK (surat keputusan) keluar ‎dan diberhentikan dengan hormat ya dapat (pensiun),” terang Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono di Balai Kota Jakarta, Jumat (26/5/2017), dilansir jpnn.com.

Pria yang akrab di sapa Soni ini juga menyebutkan jumlah uang pensiun yang bakal diterima Ahok. Menurut Soni, jumlahnya itu tak terlalu besar, bahkan di bawah Rp 10 juta.

“Enggak besar, enggak sampai Rp 10 juta,” katanya.

Ahok berhak menerima uang pensiun karena dia mengundurkan diri dan diberhentikan dengan hormat. Sementara jika diberhentikan dengan tidak hormat, tak akan menerima uang pensiun.

“Kalau kasus operasi tangkap tangan korupsi itu pemberhentian tidak hormat,” jelas Soni.

Sebelumnya, setelah mengajukan pengunduran dirinya, Ahok juga telah mengembalikan sisa biaya operasional yang dia terima. Menurut salah satu pengacara Ahok, Josefina A Syukur, dana yang dikembalikan pada 23 Mei 2017 lalu sebesar Rp 1.287.096.776.

Sisa biaya operasional ini dikembalikan dengan cara ditransfer ke Bank DKI atas nama Biro Administrasi Setda Provinsi DKI Jakarta. Josefina melanjutkan, pengembalian dana ini karena Ahok tak mau menerima yang bukan haknya.

“Pak Ahok tidak mau menerima yang bukan menjadi haknya,” tuturnya.

Sementara itu, berkaitan dengan mundurnya Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta, DPRD DKI Jakarta akan segera menggelar sidang paripurna istimewa untuk mengusulkan Djarot Saiful Hidayat sebagai Gubernur defenitif DKI Jakarta.

Rencananya, rapat tersebut bakal digelar pada Selasa (30/5/2017) mendatang. Dalam rapat itu pula akan diumumkan pemberhentian Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.

loading...
Loading...