NEWS

Bingung Cara Milih Buah Semangka yang Termaknyus?? 5 "Tips Sederhana" dari Pak Tani Berpengalaman Ini Bakal Menjawab Semuanya!

loading...

Siapa sih yang gak suka semangka? Semangka merupakan salah satu jenis buah terfavorit di Indonesia karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Namun, kalau kita tidak bisa memilih semangka dengan baik, bisa dapet semangka yang manis atau tawar itu tergantung pada keberuntungan bukan? Tapi sebenarnya, kalau kamu tau cara memilih semangka yang tepat, kamu pasti bisa kok selalu kepilih semangka yang rasa dan tingkat kematangannya paling perfect, tanpa harus memotongnya dulu!

Berikut 5 tips sederhana yang dikumpulkan dari pak petani berpengalaman untuk membantumu memilih buah semangka terbaik:

1. Perhatikan “Area Kuning” pada kulit semangka

Area kuning ini menunjukkan area di mana semangka membesar di atas tanah. Semakin kuning warnanya, menandakan bahwa semangka semakin matang. Kalau warna area ini masih kuning pucat, artinya semangka tersebut sudah dipanen sebelum waktunya, dan rasanya akan kurang enak.

2. Perhatikan “Jaring” pada kulit semangka

Jaring yang dimaksud disini adalah garis- garis cokelat yang terdapat di kulit semangka. Garis- garis ini terbentuk oleh penyerbukan dari lebah, semakin banyak garis polinasinya, maka semakin manis semangka tersebut.

3. Semangka “Cowok” dan “Cewek”

Banyak orang yang tidak tahu bahwa sebenarnya petani membedakan semangka berdasarkan “jenis kelamin”. Sebagai contoh, semangka “cowok” memiliki ukuran yang lebih besar, lonjong, dan daging buah cenderung berair. Semangka “cewek” memiliki ukuran yang lebih kecil, bulat dan sangat manis.

4. Perhatikan ukuran buah secara keseluruhan

Lebih baik, jangan memilih buah yang ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil. Pilihlah buah berukuran sedang. Ingat juga untuk pilih buah semangka yang berbobot berat yah??/p>

5. Perhatikan “Tangkai”nya.

Jika tangkai buahnya sudah kering, maka tandanya buah semangka tersebut sudah matang. Tapi bila tangkainya masih hijau, itu menandakan semangka tersebut dipanen terlalu cepat dan sudah tidak akan bisa matang lagi..

Yap, itu dia 5 tips mudah memilih semangka! Gak takut salah pilih lagi deh??Yuk, bagikan tips bermanfaat ini!

Sumber:cerpen.co.id

loading...
Loading...