NEWS

Penjual Ini Jual Durian Tanpa Duri, Cara ‘Aman’ untuk Dibawa Pulang

loading...

Durian merupakan salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Buah yang identik dengan baunya yang sangat menyengat ini di Indonesia sendiri memiliki banyak penggemar. Namun sayangnya, terkadang lantaran baunya yang sangat menyengat dan juga durinya yang tajam membuat banyak orang enggan untuk menyantapnya, terlebih lagi untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Dibawa sebagai oleh-oleh, sudah ada cara yang bisa untuk menangkalnya. Buahnya dikupas dan dimasukkan ke dalam wadah, lalu bagain luar wadahnya dilumuri dengan kopi. Lalu bagaimana dengan yang ingin membawanya pulang masih dalam bentuk buah segar tapi tidak berduri?

Ada sebuah solusi yang sangat unik yang ditawarkan oleh perkebunan Por Pala-U kota Hua Hin, Thailand. Produk buahnya tampil polos tanpa ada duri sama sekali. Dan tentu saja ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para pecinta durian.

Durian tanpa duri ini tumbuh di perkebunan milik Siwakapon Rattanarungrueng. Sekilas, saat dilihat buah ini mirip sekali dengan srikaya, namun memiliki ukuran yang lebih besar. Dari foto yang saat ini beredar luar di media sosial, terlihat bagian kulit durian berlubang. Dan meski berlubang-lubang, itu malah membuat seperti motif yang dimiliki kulit durian tersebut.

Durian tanpa duri dari perkebunan Rattanarungrueng ini bukanlah hasil rekayasa genetika. Di perkebunan ini durian tumbuh normal seperti biasanya lengkap juga dengan durinya. Hanya saja sang pemilik kebun memiliki ide brilian untuk membuat durian tersebut lebih travel friendly alias aman dibawa sebagai oleh-oleh. Dia pun memiliki ide memangkas duri dari kulit durian sampai habis.

“Pelanggan datang untuk membeli durian untuk dibawa pulang tetapi duri membuat perjalanan mereka merepotkan,” ujarnya seperti yang tertera di cnnindonesia.com

Dia mengakui jika idenya tersebut muncul saat melihat orang-orang yang membawanya kesulitan dalam perjalanan ke rumah. Dan biasanya para pelanggan ketakutan terhadap duri durian yang tajam dan bisa merobek kulit. Rattanarungrueng ternyata memangkas duri tersebut sendiri, ia hanya perlu waktu 5 menit saja untuk ‘menggunduli’ durian tersebut dari duri-durinya.

Sebenarnya, durian tanpa duri tersebut bukanlah hal yang baru di Thailand, ini sudah lima tahun belakangan. Dan sejak viralnya durian tersebut di media sosial Rattanarungrueng mengaku permintaan durian tanpa duri terus meningkat. Namun, dirinya tak berniat untuk menaikkan harga jual untuk pelanggan.

“Kami menanam durian Monthong. Durian ini memiliki rasa manis, tekstur halus dan aroma yang pekat,” tuturnya.

loading...
Loading...